Kamis, 03 Maret 2016

SELAMAT DATANG DOKTER INTERNSHIP ANGKATAN KE-4 DI KABUPATEN SUMBAWA

Kementerian Kesehatan RI beberapa tahun ini menerapkan Program Internship Dokter Indonesia (PIDI) dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia. Internsip adalah Proses pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan. Pada tahun 2016 ini Kabupaten Sumbawa kembali mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan program Kementerian Kesehatan ini dengan menempatkan Dokter-dokter muda sebanyak 22 orang dokter untuk menerapkan kompetensinya di Kabupaten Sumbawa selama 1 (satu) tahun.

Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, B.Sc didampingi Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs. H. Rasyidi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Drs. Didi Darsani, A.Pt, Direktur RSUD Sumbawa dr. Selvie dan dokter pembimbing senior dr. A. A. Kosala Putera menerima kedatangan para dokter muda ini di Aula Lantai 1 Kantor Bupati Sumbawa pada hari Selasa (02/02/2016). Bupati Sumbawa secara antusias menyatakan Selamat Datang di Kabupaten Sumbawa.  Selanjutnya Bupati Sumbawa HM. Husni Djibril, B.Sc menyampaikan bahwa di Kabupaten sumbawa memiliki tenaga dokter yang jumlahnya masih sangat sedikit. Harapannya, dengan kedatangan para dokter muda ini kebutuhan akan tenaga kesehatan akan membantu masyarakat Sumbawa dalam bidang kesehatan. Selain itu, harapan Bupati Sumbawa agar para dokter Internship betah berada di Kabupaten Sumbawa tidak hanya selama setahun kedepan, tetapi seterusnya betah tinggal dan mengabdi di Sumbawa. Penempatan para dokter Internship di Kabupaten Sumbawa didasarkan pada usulan dari Kepala Dinas terkait dan setiap tahun jumlahnya bertambah. “Di Sumbawa ini pelayanan kesehatannya cukup bagus, hanya saja masih terlalu banyak kekurangan dokter, ketika menerima dokter Internship setiap tahun, saya berharap agar  berlanjut secara terus menerus. Dalam pemerintahan yang kami pimpin, kedepannya kami berharap dan bermimpi agar Pemerintah Sumbawa bisa menghadirkan para dokter spesialis demi memenuhi fasilitas dan peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Sumbawa,” tutur Bupati Sumbawa. Selanjutnya, Haji Husni menambahkan harapannya kepada para Dokter yang akan magang di Sumbawa agar melayani masyarakat di Sumbawa sebagaimana melayani masyarakat didaerah asalnya, dan para dokter muda ini nantinya mengajak dokter – dokter yang lain untuk meniti karier sebagai dokter di Kabupaten Sumbawa,” katanya.

Dari 22 dokter muda dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang melaksanakan Program Internship Dokter Indonesia (PIDI) di Kabupaten Sumbawa Tahun 2016 ini, terdapat juga dokter muda asal Kabupaten Sumbawa sebanyak 4 orang yaitu dari Alas, Maronge dan Sumbawa Besar. 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar