Minggu, 23 Oktober 2016

"Munit Adat" Meriahkan Carnaval Budaya 2016

Jakarta (23/10).  Pawai budaya atau carnaval budaya menjadi salah satu event  yang  ditunggu pada setiap momentum festival atau pekan budaya. Pada Pekan Produk Budaya Nusantara  Expo dan Forum 2016, Carnaval Budaya menjadi event pamungkas yang diselenggarakan dari Tugu Api Pancasila sampai ke gedung Theater Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah, Minggu (23/10).  “Munit Adat” sebagai tradisi masyarakat Sumbawa dalam memperingati kelahiran insan rahmatanli’alamin Nabi Muhammad SAW diperagakan dalam sebuah carnaval. Kali ini Disporabudpar Kabupaten Sumbawa yang menjadi motor agenda ini berkolaburasi dengan Ikatan Keluarga Sumbawa Jakarta Raya (IKASUM-JAYA). Ratusan peserta carnaval “Munit Adat” menjadi tontonan pengunjung Taman Mini Indonesia Indah.
Kepala Disporabudpar Kab. Sumbawa Ir. H. Junaidi, M.Si
memimpin Carnaval Budaya 2016 dengan tema "Munit Adat"

Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa Ir. H. Junaidi, M.Si mengungkapkan kebahagiaannya melihat kolaburasi yang sangat apik dengan Ikasum-Jaya. “Inilah moment sebagamana yang diharapkan oleh Bapak Bupati Sumbawa untuk selalu membangun sinergi positif dengan pihak manapun guna mewujudkan Sumbawa Hebat dan Bermartabat. Partisipasi Ikasum-Jaya yang sangat luar biasa menjadikan event carnaval budaya Samawa di pentas nasional menjadi lebih menarik dan fantastic”, demikian disampaikan Haji Jun yang baru beberapa hari memimpin Disporabudpar.
Sekretaris Disporabudpar Kab. Sumbawa
bersama dadara pembawa "male"

“Kami berharap rajutan tali silaturrahmi dengan Ikatan Keluarga Sumbawa dimanapun,  khususnya di Jakarta yang menjadi pusat kegiatan akan terus berkelanjutan dimasa yang akan datang. Atas nama bapak Bupati Sumbawa, kami sampaikan terima kasih dan rasa hormat kepada seluruh keluarga besar Ikasum-Jaya yang berpartisipasi pada kegiatan ini”, lanjut Haji Jun.
Peserta Carnaval Budaya 2016 "Munit Adat"
Kolaburasi Disporabudpar Kabupaten Sumbawa
dan IKASUM-JAYA

Ketua Ikasum-Jaya H. Alimuddin Sidi disela-sela Carnaval Budaya 2016 menyampaikan rasa bahagia gamporo, karena Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa saat ini telah melibatkan komponen masyarakat Sumbawa khususnya yang berdiam di Jakarta Raya (Jabodetabek). “kami atas nama masyarakat Sumbawa yang berdiam di Jabodetabek menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati Sumbawa H. Husni Djibril dan bapak Wakil Bupati H. Mahmud Abdullah yang telah melibatkan komponen masyarakat Sumbawa di event budaya semacam ini. Sebagai warga Sumbawa yang ada di jabodetabek, kami siap membantu, mendukung pemerintahan Kabupaten Sumbawa menjadi daerah yang hebat bermartabat dan lebih dikenal dengan turut mempromosikan Kabupaten Sumbawa di tingkat nasional”, demikian diungkapkan H. Alimuddin Sidi. “Semoga kerjasama Ikatan Keluarga Sumbawa ini akan berlanjut dimasa-masa yang akan datang”, harap Haji Sidi warga Desa Kerato yang kini menetap di Jakarta.
H. Alimuddin Sidi
Ketua Ikatan Keluarga Sumbawa-Jakarta Raya
(IKASUM-JAYA)


Seusai Carnaval Budaya dilaksanakan sarasehan antara jajaran Pemkab Sumbawa dan Ikatan Keluarga Sumbawa Jakarta Raya di Anjungan NTB Taman Mini Indonesia Indah. Turut hadir dan mengikuti Carnaval Budaya serta Sarasehan Keluarga Sumbawa antara lain Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir. Dirmawan, Sekretaris Disporabudpar Nurhinsyah, S.IP, M.Si dan jajaran Disporabudpar Kabupaten Sumbawa, para Camat yang berkesempatan berpartisipasi serta beberapa pejabat dari instansi terkait di lingkungan Pemkab Sumbawa. Salam Sahabat.
Ratib Rabana mengiringi Carnaval Budaya 2016
"Munit Adat"

Liputan Langsung dari Taman Mini Indonesia Indah
Siaran Pers Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sumbawa
Reporter : Rachman Ansori

Tidak ada komentar:

Posting Komentar