Sabtu, 22 Oktober 2016

Tari "Kemang Paralu" pentas di Taman Mini Indonesia Indah

Jakarta (22/10). Enam gadis cantik dadara samawa dengan gemulai mementaskan salah satu tarian khas Sumbawa “Kemang Paralu”, Sabtu (22/10).  Sebuah sajian gerak tari yang diiringi oleh  gendang dan serunai menggambarkan rasa senang dan bangga yang diungkapkan dalam bahasa bunga, perasaan senang terhadap tamu yang datang ke Sumbawa sebagaimana lawas kadatang sangka ku angkang, mole ku santuret kemang, lema mampis bawa rungan dan sai sate nyaman ate silamo datang ko samawa, samawa senap semu nyaman nyawe.
Penampilan Tari Kemang Paralu
Sanggar Seni Buin Batu Kecamatan Buer
di Panggung Merah Putih, TMII

Mufti Jauhari selaku penata tari maupun sebagai pembina Sanggar Seni Buin Batu Kecamatan Buer menyampaikan rasa gembira atas dipercayakannya pementasan tarian Sumbawa pada ajang nasional di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, “Kami merasa terhormat dan bahagia sekaligus menjadi tantangan bagi Sanggar Seni Buin Batu untuk terus berinovasi dan berkreasi dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya Tana Samawa” ungkap Mufti yang juga Guru SDN 2 Juru Mapin.
Ditempat yang sama, Dinullah Rayes budayawan nasional asal Sumbawa juga turut bangga dengan kesertaan Kabupaten Sumbawa serta penampilan tarian Kemang Paralu di Panggung Merah Putih. “Tarian khas Sumbawa yang sangat banyak dan menarik harus terus diperkenalkan pada ajang-ajang nasional seperti ini”.
Foto Bersama dengan Jajaran Disporabudpar
Kabupaten Sumbawa, IKASUM-Jaya dan Budayawan Nasional

Kadisporabudpar Kabupaten Sumbawa Ir. H. Junaidi, M.Si menyatakan bahwa kesertaan Kabupaten Sumbawa pada ajang Pekan Produk Budaya Nusantara Expo & Forum 2016 merupakan wujud dan upaya melestarikan, mengembangkan sekaligus mempromosikan produk-produk unggulan daerah yang berbasis pada budaya masyarakat. “Kabupaten Sumbawa diundang oleh Kementerian mewakili Provinsi NTB di ajang ini” ungkap Haji Jun sapaan akrab pejabat muda Sumbawa ini. Untuk mengisi acara Disporabudpar membawa tim kesenian dan budaya dari Kabupaten Sumbawa, kegiatan di ajang ini juga akan berkolaburasi dengan Ikatan Keluarga Sumbawa (IKASUM) Jaya.

Selain mengisi acara budaya dengan tarian Kemang Paralu di Panggung Merah Putih, Kabupaten Sumbawa akan mengikuti Carnaval Budaya yang mengusung Munit Adat di Tugu Api Pancasila dan Teather Keong Mas.

Liputan Langsung dari Taman Mini Indonesia Indah
Siaran Pers Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sumbawa
Reporter : Rachman Ansori 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar