Rabu, 19 Oktober 2016

Pangdam IX Udayana Tutup TMMD ke-97 di Desa Baru Tahan

Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 di Desa Baru Tahan, Kecamatan Moyo Utara berjalan lancar. Dibuktikan dengan semua item dalam kegiatan tersebut sukses dilaksanakan. Kemarin (19/10/2016) dilaksanakan upacara penutupan kegiatan TMMD di lapangan bola desa setempat. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko dan Danrem 162 Wirabhakti, Kolonel Inf. Farid Makruf. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Sumbawa, H.M. Husni Djibril, B.Sc, Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Kamaluddin, ST, Dandim 1607 Sumbawa, Letkol ARM. Sumanto, Kajari Sumbawa, Paryono, Dandim 1608 Bima, Letkol CZI. Yidil Hendro, Dandim 1614 Dompu, Letkol CZI. Asep Rahmat dan sejumlah kepala SKPD lingkup Pemkab Sumbawa.
Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko
menutup secara resmi TMMD ke-97 Tahun 2016
ditandai dengan pemukulan gong.

Dandim 1607 Sumbawa, Letkol ARM. Sumanto dalam laporannya memaparkan, kegiatan ini dilaksanakan mulai 20 September hingga 19 Oktober. Kegiatan TMMD ini memiliki sasaran fisik seperti pembuatan jalan usaha tani di Desa Baru Tahan sepanjang 500 meter. Kemudian dilaksanakan pembuatan saluran irigasi sawah sepanjang 300 meter. Pembangunan drainase sawah sepanjang 450 meter, pembangunan mushalla ukuran 7X10 meter, pembuatan duicker jalan usaha tani 5X2 meter, pemasanga dua unit gorong-gorong sepanjang empat meter, pembuatan tiga unit duicker 4X2 meter, pembangunan satu unit pos kamling di masing-masing Desa Penyaring, Desa Kukin, Desa Sebewe, Desa Pungkit dan Desa Songkar. Semua item tersebut sudah dilaksanakan 100 persen. Untuk program non fisiknya yakni penyuluhan bidang agama, bidan kamtibmas dan narkoba, bidang pendidikan, bidang hukum, bidang pertanian, peternakan dan kesehatan. Semua kegiatan penyuluhan tersebut juga sudah dilaksanakan dan berjalan lancar.
Pangdam IX Udayana dan Bupati Sumbawa memasuki
Arena Upacara Penutupan TMMD ke-97 Tahun 2016
di Lapangan Desa Baru Tahan Kecamatan Moyo Utara

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat, Jendral TNI. Mulyono dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko mengatakan, TMMD di gelar secara rutin setiap tahun. Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. Dengan melibatkan  lintas sektoral dan lintas komponen bangsa yang merupakan bagian dari OMSP dan Bhakti TNI. ‘’TMMD ini  merupakan solusi bagi pemerintah dalam percepatan pembangunan dalam membangun daerah. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.
Berkat kerja keras semua unsure, maka hasil TMMD dapat di rasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat. Tujuan TMMD ini untuk membantu pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan memberdayakan masyarakat di lingkungan tersebut. Untuk meningkatkan ketahanan wilayah dan kesadaran hokum. Guna menangkal segala bentuk ancaman dalam masyarakat.
Penandatanganan Berita Acara oleh Dandim 1607 Sumbawa
dan Bupati Sumbawa disaksikan oleh Pangdam IX Udayana

Diungkapkan, program TMMD sudah dilaksanakan sejak tahun 1980 lalu dengan nama Abri Masuk Desa (AMD). Namun seiring berjalannya waktu terus dilakukan revisi dan dievaluasi sehingga  menjadi TMMD. Kegiatan ini terus di laksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Adapun sasaran TMMD meliputi sasaran fisik dan non fisik. Sasaran fisiknya yaitu pembangunan jalan usaha tani, drainase, jambanisasi, pembangunan sarana ibadah dan pusat kegiatan masyarakat. Sementara sasaran non fisik berupa penyuluhan, pengobatan gratis dan kegiatan lain. ‘’Atas nama pimpinan TNI AD saya sampaikan permohonan maaf jika selama pelaksanaan TMMD ada prilaku dan tutur kata prajurit kami yang kurang berkenan. Kepada Para Prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD diucapkan terimakasih. Dan agar segera kembali kekesatuan masing-masing. Dengan tetap memperhatikan faktor keamanan,” imbuhnya.
Pangdam IX Udayana bersama siswa-siswa pementasan
atraksi dan tari Sumbawa

Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril, B.Sc mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan TMMD. Anggaran dalam kegiatan ini memang tidak seberapa. Namun capaiannya sangat luar biasa. ‘’Menjadi kewajiban kami selaku bupati akan menjaga. Apa yang sudah dilaksanakan dalam TMMD ini akan kami tindak lanjuti,” kata bupati.
Sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk melanjutkan pembangunan yang ada. Jika sebelumnya hanya dilakukan pengerasan jalan, pemda akan berupaya untuk diaspal. Pemda sangat berterima kasih kepada aparat TNI karena melaksakana kegiatan TMMD ini. Sebab hasilnya dirasakan oleh masyarakat Sumbawa, khususnya masyarakat di Kecamatan Moyo Utara.
Foto Bersama
Dandim 1607 Sumbawa, Bupati Sumbawa, Pangdam IX Udayana
dan Camat Moyo Utara

Kegiatan tersebut ditutup ditandai dengan pemukukan gong oleh Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko. Didampingi oleh Bupati Sumbawa, H.M. Husni Djibril, Danrem 162 Wirabhakti, Kolonel Inf. Farid Makruf dan Dandim 1607 Sumbawa, Letkol. ARM. Sumanto. Dalam kesempatan tersebut juga ditampilkan atraksi bela diri kempo serta senam sasambo oleh sejumlah siswa SD dan SMP di Kecamatan Moyo Utara. 

ppid.sumbawakab.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar