Jumat, 10 Juni 2016

Bupati Sumbawa : "Peran RT, RW dan Dusun sangat vital dalam pembangunan"

Tarano, Kabupaten Sumbawa (10/06). Hari kedua lawatan Bupati Sumbawa dalam rangka silaturrahim dan Safari Ramadhan 1437H adalah mengunjungi Kecamatan Tarano. Kecamatan yang merupakan Kecamatan paling timur dan berbatasan dengan Kabupaten Dompu ini dikunjungi oleh Bupati Sumbawa bersama Tim I Safari Ramadhan Pemkab Sumbawa 2016. Turut mendampingi Bupati Sumbawa antara lain Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, L. Budi Suryata, SP, Kapolres Sumbawa AKBP Muhammad, S.IK, Sekretaris Daerah Kab. Sumbawa Drs. H. Rasyidi, Asisten Pemerintahan Sekda Sumbawa Dr. H. Muhammad Ikhsan, M.Pd dan beberapa SKPD, BUMN/BUMD yang tergabung dalam Tim I. 

Rombongan Safari Ramadhan Bupati Sumbawa bersama Tim I, berbuka puasa bersama di Kantor Camat Tarano. Kemudian Rombongan bergerak ke Dusun Terujung Desa Lab. Aji untuk melaksanakan Sholat Isya dan Sholat Taraweh berjama'ah di Mesjid Haqqul Yaqin. Setelah melaksanakan Sholat Isya berjamaah, H. M. Anang Darwisyih, S.Ag menyampaikan Hikmah Ramadhan yang dilanjutkan dengan Sambutan Bupati Sumbawa.
Dalam sambutannya, Bupati Husni mengatakan, bahwa persoalan dalam masyarakat maupun pemerintahan pasti ada. Karena itu ketika ada program ataupun permasalahan hendaklah dirumuskan dan diselesaikan secara berjenjang mulai dari tingkat RT, RW, dusun, desa dan camat. Pemimpin di tingkat bawah merupakan perwakilan pemerintah. Semuanya dapat dimanfaatkan untuk memudahkan dan mendekati pelayanan kepada masyarakat. “Masyarakat harus proaktif terhadap semua masalah yang terjadi dan tidak boleh apatis (berdiam diri) melihat semua persoalan itu,” pinta Bupati.

Bupati Husni, mengajak seluruh masyarakat senantiasa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Sebagaimana filosofi Tau Samawa “takit ko nene kangila boat lenge”. Karenanya masyarakat diminta untuk rajin melaksanakan sholat berjamaah, memperkokoh persatuan dan Kesatuan, serta kerukunan dalam konteks ukhuwah Islamiyah, toleransi antar umat beragama, dan meningkatkan ketertiban lingkungan. “Ibadah ini adalah kekuatan. Ketika kekuatan ini mampu digerakkan semua tindak tanduk kejahatan pasti dapat diminimalisir,” demikian disampaikannya. 
Selain itu juga Bupati Sumbawa berpesan agar masyarakat menjaga alam dan lingkungannya, mengingat Tarano merupakan salah satu Kecamatan Maritim di Kabupaten Sumbawa dengan potensi Teluk Saleh-nya. Masyarakat secara bahu-membahu mencegah pencurian ternak melalui laut, juga masyarakat harus lebih proaktif dalam mencegah illegal loging di wilayah Kecamatan Tarano. Pemberantasan ileggal loging telah menjadi salah satu komitment Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa bersama aparat TNI dan Polri yang tentunya harus didukung oleh seluruh masyarakat.

Pada kesempatan safari ramadhan kali ini juga, Bupati Sumbawa menyerahkan bantuan dana senilai Rp 1,2 miliyar. Bantuan itu dialokasikan untuk rehab bangunan Masjid Haqqul Yakin Dusun Terujung Rp 20 juta yang diterima Kepala Desa Labuhan Aji Kecamatan Tarano. Kemudian bantuan bidang kelautan dan perikananan Rp 954 juta, bidang Kehutanan dan Perkebunan Rp 159 juta, serta bidang Pertanian berupa alat dan mesin pasca panen sebanyak 8 unit. Selain bantuan dari Pemkab Sumbawa, ada juga bantuan dari PT Bank NTB Cabang Sumbawa dan PT Bank BNI 46 Sumbawa sebesar Rp 10 juta untuk Pembangunan Masjid Haqqul Yakin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar