Senin, 19 Desember 2016

HKSN dan HDI 2016 Wahana Mengembangkan Semangat Kebangsaan Dan Kesetiakawanan Sosial

Peringatan Hari Kesetikawanan Sosial Nasional (HKSN) yang diselenggarakan pada 20 Desember setiap tahunnya merupakan ungkapan rasa syukur dan hormat atas keberhasilan seluruh masyarakat Indonesia dalam menghadapi ancaman bangsa lain yang ingin menjajah bangsa kita. Peringatan HKSN merupakan upaya untuk mengenang, menghayati dan melakukan aksi dengan semangat persatuan, kesatuan, kegotong royongan, dan kekeluargaan rakyat Indonesia yang bahu membahu mengatasi permasalahan dalam mempertahankan kedaulatan bangsa atas pendudukan kota jokjakarta sebagai Ibukota Republik Indonesia oleh Tentara Belanda pada tahun 1948.
 
Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah
memberikan Sambutan pada peringatan HDI dan HKSN
2016 di Kabupaten Sumbawa
Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional,(HKSN) 2016 yang dirangkaikan dengan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2016, Senin (19/12) yang dilaksanakan di halaman kantor Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa berlangsung meriah dan mengesankan. Peringatan HKSN dan HDI tersebut tersebut dimeriahkan dengan berbagai atraksi kesenian yang ditampilkan para siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Sumbawa.

Dalam laporannya Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Tri Karyati S.Sos mengatakan bahwa Hari Disabilitas Internasional dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang disabilitas dan memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak dan kesejahteraannya. Hal tersebut erat kaitannya dengan hari kesetiakawanan social. Diharapkan nilai kesetiakawanan sosial akan mampu menjadi daya ungkit untuk mempercepat pengentasan masyarakat dari kemiskinan. Peringatan Hari Disabilitas Internasional dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Tahun 2016 diisi dengan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa antara lain donor darah, penyaluran bantuan kepada lansia dan penyandang disabilitas berupa jaminan hidup, penyaluran bantuan sembako serta penyaluran alat keterampilan.
 
Wakil Bupati Sumbawa bersama penyandang
disabilitas
Sementara itu, Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah dalam sambutannya menyampaikan peringatan Hari Kesetikawanan Sosial Nasional (HKSN) yang diselenggarakan pada 20 Desember setiap diharapkan dapat menjadi alat pengungkit untuk menggerakkan kembali nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang ada di masyarakat yang dilaksanakan di tingkat pusat, propinsi dan kabupaten/kota. ‘’Kesetiakawan sosial merupakan nilai sikap dan prilaku sosial yang mengatur hubungan sosial antara warga satu dengan warga lainnya, dengan menumbuhkan sikap dan tindakan saling perduli dan berbagi yang dilandasi oleh kerelaan, kesetiaan, kebersamaan toleransi dan kesataraan guna meningkatkan harkat martabat dan harga diri setiap warga Negara Indonesia,’’ tutur H. Mahmud Abdullah.

Sementara peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang diperingati setiap 3 Desember, harus terus dilakukan. Untuk tahun ini mengangkat tema yaitu “Membangun Masyarakat Ingklusif Adil, Berkesinambungan Bagi Penyandang Disabilitas untuk Indonesia yang Lebih Baik”. Diharapkan dengan peringatan HDI ini, perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas dapat berjalan dengan baik, disamping adanya peningkatan pemahaman kepedulian dan keberpihakan negara dan seluruh komponen masyarakat terhadap penyandang disabilitas. Diharapkan pula dapat menciptakan akses pemberdayaan bagi para penyandang disabilitas sehingga terwujud masyarakat yang ingklusif dalam asfek kehidupan. ‘’Marilah kita terus membangun daerah ini dengan semangat kesetiakawanan sosial dan menjadikan penyandang disabilitas sebagai bagian dari masyarakat Sumbawa yang perlu dilindungi hak-haknya,’’ ujar Wabup.
 
Wabup Sumbawa dan Ketua TP. PKK Kabupaten Sumbawa
foto bersama penyandang disabilitas

Turut hadir memperingati HKSN dan HDI 2016 antara lain Ketua TP. PKK Kabupaten Sumbawa, para pimpinan SKPD, Camat, tokoh masyarakat dan penyandang disabilitas. “Kerja Nyata Mewujudkan Kesetiakawanan Sosial untuk Sumbawa Hebat dan Bermartabat, untuk Indonesia Sejahtera”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar