Selasa, 26 April 2016

DESA UMA BERINGIN WAKILI NTB DALAM LOMBA LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT TINGKAT NASIONAL TAHUN 2016

Desa Uma Beringin Kecamatan Unter Iwes kembali mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) Tingkat Nasional Tahun 2016. Kedatangan Tim Penilai Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat disambut oleh Asisten Pemerintahan Sekda Kabupaten Sumbawa Dr. H. M. Ikhsan, M.Pd bersama Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sumbawa, dan Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Sumbawa di RTH Taman Kerato, Kecamatan Unter Iwes pada Selasa (26/4/2016).

Asisten Pemerintahan Sekda Kabupaten Sumbawa Dr. H. M. Ikhsan, M.Pd yang membacakan sambutan Bupati Sumbawa menyampaikan harapan semoga tim penilai pusat menikmati suasana di tengah-tengah masyarakat Sumbawa yang tetap aman dan kondusif. Desa Uma Beringin yang telah ditetapkan untuk mewakili provinsi NTB pada lomba lingkungan bersih dan sehat tingkat nasional telah melewati proses seleksi yang cukup ketat dari tingkat kecamatan sampai tingkat provinsi. Perlu diketahui, bahwa Masyarakat Desa Uma Beringin memang sudah terbiasa dengan pola hidup bersih dan sehat. Artinya, persiapan yang dilakukan untuk menghadapi lomba tingkat nasional bukan bersifat mendadak. Pembenahan-pembenahan dalam berbagai bidang tetap berjalan dengan baik dan lancar berkat kesadaran, rasa tanggungjawab, dan kekompakan seluruh elemen masyarakat. Karena itu Pemerintah optimis, dan berharap Desa Uma Beringin nantinya bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional.

Selanjutnya, Asisten I Sekda melanjutkan, pembangunan manusia seutuhnya, yakni manusia yang sehat baik fisik, sosial dan juga lingkungan merupakan tujuan dari pembangunan daerah. Hal ini menyiratkan  bahwa kesehatan merupakan karunia Tuhan yang sangat berharga dan merupakan salah satu hak dasar manusia, serta salah satu faktor utama selain faktor pendidikan dan pendapatan yang menentukan indeks pembangunan sumber daya manusia. Perilaku hidup bersih dan sehat di rumah tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar sadar, mau dan mampu mempraktekkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah terjadinya resiko penyakit, melindungi diri dari ancaman penyakit dan berperan aktif dalam membangun lingkungan yang bersih dan sehat. Rumah tangga sehat merupakan asset utama pembangunan di masa depan yang perlu dijaga, dilindungi dan ditingkatkan, karena anggota rumah tangga sangat rentan terkena gangguan berbagai penyakit. Dengan pemahaman tersebut maka masyarakat dengan penuh kesadaran telah menjalankan pola hidup bersih dan sehat sebagaimana yang disaksikan di Desa Uma Beringin, sehingga harapannya Desa Uma Beringin layak mendapatkan penilaian yang terbaik.
Ketua Tim Penilai Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Nasional Tahun 2016 Ir. Rossi Rozanna Septimurti M. Kes menyampaikan lomba tersebut digelar guna memotivasi masyarakat agar tergerak untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. “Dengan adanya lomba Lingkungan Bersih dan Sehat, bisa dilihat bagaimana kebersamaan masyarakat dan Pemerintah Daerah. Inovasi lingkungan bersih dan sehat bisa disampaikan melalui pesan – pesan tentang kebersihan yang mudah dicerna dan ditiru oleh masyarakat dan anak – anak. Misalnya menyampaikan pesan kebersihan melalui nyanyian, yel – yel, dan lain sebagainya. Ajarkan kepada anak – anak agar selalu mencintai lingkungan. Gaungkan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan,” tuturnya.
ppid.sumbawakab.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar