Kamis, 12 Mei 2016

Bupati Sumbawa apresiasi Peluncuran Aplikasi SiCANTIK

Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril B.Sc sangat mengapresiasi Peluncuran Aplikasi Cerdas Pelayanan Terpadu untuk Publik (SiCantik) pada KPPT Kabupaten Sumbawa. “ini salah satu wujud visi misi Pemerintahan Husni – Mo. Jujur saya akui, saya sangat lega dan sekaligus merasa bahagia dengan acara peluncuran aplikasi sicantik ini. Bagi saya pribadi, acara peluncuran aplikasi perizinan online ini saya maknai sebagai salah satu etape dari perjalanan panjang selama lima tahun untuk menunaikan satu demi satu janji yang telah terucap. Berkali – kali saya sampaikan baik dalam kandidat dan juga dalam dokumen dan juga dalam dokumen visi dan misi, kami cantumkan janji perbaikan signifikan dalam pelayanan perizinan dengan meluncurkan tagline, satu jam selesai untuk izin non verifikasi dan 5 hari selesai untuk izin yang membutuhkan verifikasi lapangan saya berani mengajukan janji tersebut karena melihat ada daerah lain yang sudah mampu melaksanakannya,” ungkap Haji Husni sapaan akrab Bupati Sumbawa dalam Peluncuran Aplikasi Perizinan SiCANTIK pada KPPT Kab. Sumbawa yang digelar di aula Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa pada Kamis (12/5/2016).

Selanjutnya Bupati menyampaikan, “sampai saat ini, perhatian saya tidak pernah surut dan semoga tidak akan pernah surut. Perbaikan yang besar pada upaya pengembangan investasi adalah suatu keniscayaan yang harus dilakukan oleh pemerintah. Adalah hal yang mustahil, bahwa target pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja untuk mengurangi angka pengangguran dan upaya untuk mengurangi kemiskinan dapat dicapai melalui program pemerintah semata. Hari ini, pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan juga pemerintah kabupaten masih menghadapi masalah keterbatasan kapasitas fiskal. Bahkan perkembangan terbaru, sebagai akibat dari tidak tercapainya target penerimaan negara dari berbagai sumber, pemerintah pusat terpaksa mengambil kebijakan pemotongan terhadap besaran Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar 10 persen. Kesadaran akan keterbatasan kemampuan pemerintah dalam menggerek pertumbuhan ekonomi mengharuskan kita untuk bekerja keras menjadikan daerah ini sebagai daerah yang ramah investasi. Secara sederhana, pekerjaan runah untuk menjadikan daerah kita untuk menjadikan daerah kita sebagai daerah yang ramah investasi harus fokus minimal pada dua hal, pertama adalah mempersiapkan masyarakat agar welcome terhadap investasi dan kedua meningkatkan inovasi pemerintah selaku stakeholder utama dalam menciptakan berbagai kemudahan usaha yang bisa menarik investasi. Ikhtiar menghadirkan pelayanan perizinan yang lebih mudah, lebih cepat dan lebih transparan melalui aplikasi SiCANTIK ini, adalah bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan daya saing daerah bidang investasi”, terang Bupati.

“Saya ingin pelayanan cepat seperti itu dapat diterapkan di Kabupaten Sumbawa. setelah mendapat penjelasan dari kepala KPPT tentang cara cara kerja Aplikasi SiCANTIK ini, saya menjadi sangat yakin apa yang telah saya sampaikan dapat terealisasi. Tanpa terasa hampir tiga bulan usia pemerintahan dibawah kepemimpinan kami Husni – Mo. Hal ini berarti, bahwa program 100 hari yang sudah kita canangkan semestinya sudah dilaksanakan pada tingkat SKPD. Saya sudah mendapatkan laporan bahwa beberapa hari ini tim evaluasi sudah bekerja dengan terjun langsung ke setiap SKPD untuk melakukan penilaian secara internal terhadap tingkat kepatuhan SKPD terhadap penyelenggaraan Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik. Output dari evaluasi tersebut adalah suatu nilai sementara yang menggambarkan apakah implementasi pelayanan publik di SKPD tersebut masih berada pada zona merah, kuning, atau zona hijau. Pada kesempatan ini juga perlu diinformasikan, bahwa kami juga sudah memerima surat pemberitahuan dari komisi Ombudsman tentang kegiatan observasi yang akan dilaksanakan dalam bulan Mei ini. Dalam surat tersebut, tidak dijelaskan apakah observasi ini bersifat rahasia atau terbuka. Hal ini berarti tersisa sedikit waktu bagi seluruh SKPD untuk mempersiapkan diri dan melengkapi segala instrumen yang mempengaruhi segala penilaian. Saya berharap, secara rerata tingkat kepatuhan kita sudah berada pada zona hijau pada tahun 2016 ini, target ini berani kami tetapkan, karena melihat persyaratan yang ditetapkan untuk meraih zona hijau itu sesungguhnya sangat mudah untuk dilakukan sepanjang ada kesungguhan. Jenis pelayanan pada masing – masing SKPD sudah ditetapkan, indikator dan variabel penilaian juga sudah disosialisasikan. Tinggal SKPD memastikan ketersediaan instrumen yang dibutuhkan sesuai dengan indikator dan variabel penilaian tersebut”, harap Haji Husni.

Sebelumnya, peluncuran Aplikasi SiCANTIK ditandai dengan penekanan tombol oleh Bupati Sumbawa yang kemudian dilanjutkan dengan pengenalan Aplikasi SiCANTIK oleh Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Sumbawa, Wirawan, S.Si, MT. Dalam penjelasannya, Kepala KPPT Kabupaten Sumbawa menyampaikan manfaat Aplikasi SiCANTIK bagi pelayanan perizinan, diantaranya automasi proses, akselerasi proses perizinan, prosedur pelayanan yang baku, dan memudahkan masyarakat dalam mengajukan permohonan izin. Selain itu, Wirawan sapaan akrab Kepala KPPT Kabupaten Sumbawa juga menjelaskan bagaimana cara menjalankan aplikasi SiCANTIK yang dapat dibuka di www.sumbawakab.go.id atau dapat di akses di www.kppt.sumbawakab.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar