Jumat, 27 Mei 2016

TINGKATKAN KEPEDULIAN KEPADA LANSIA, PEMKAB SUMBAWA PERINGATI HARI LANJUT USIA NASIONAL 2016

Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2016, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa menggelar senam sehat lansia yang dilanjutkan dengan talk show bersama tokoh lansia di kantor Bupati Sumbawa, Jum’at (27/5/2016).
Kegiatan dibuka dengan senam sehat lansia yang juga dihadiri oleh Sekda Sumbawa, para Asisten, para staf ahli Bupati, dan beberapa Kepala SKPD terkait. Setelah senam usai, kegiatan dilanjutkan dengan persembahan puisi, paduan suara, balawas, dan kasidah yang dibawakan oleh perwakilan lansia masing – masing puskesmas di kota Sumbawa.
Dalam kegiatan talk show yang digelar di aula lantai 3 kantor Bupati Sumbawa, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Drs. Didi Darsani, A.Pt dalam laporannya menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran lansia baik secara psikis maupun fisik, menjalin tali silaturahmi para lansia di Kabupaten Sumbawa, serta menjaga kestabilan psikologi dan psikososial para lansia. Pada rangkaian kegiatan yang mengangkat tema “dengan momentum hari lanjut usia nasional tanggal 27 mei 2016 bersama lansia, dari dan untuk lansia”, beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu senam lansia, pemeriksaan gula darah, talk show yang diikuti oleh 120 orang lansia.
Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril B.Sc dalam sambutannya saat membuka talk show bersama tokoh lansia menyampaikan, “saya mohon bimbingan dan nasehat dari para orang tua saya, agar saya bisa menjalankan amanat sebagai Bupati Sumbawa. Kita semua disadarkan bahwa populasi penduduk lanjut usia semakin meningkat, yang memberi makna meningkatnya taraf kesehatan. Hal ini memberikan petunjuk bahwa pelayanan kesehatan yang telah disediakan oleh pemerintah daerah telah diakses oleh masyarakat secara luas dan memberikan dampak positif bagi peningkatan kesehatan lansia diantaranya melalui kegiatan Posyandu Lansia. Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mengajak seluruh komponen masyarakat Kabupaten Sumbawa, untuk benar-benar membangun dan mewujudkan yang disebut dengan masyarakat yang baik, good society.
Masyarakat yang baik itu salah satu karakteristiknya adalah menghormati nilai dan norma agama, serta pranata-pranata sosial lainnya. Kehidupannya religius, taat dalam menjalankan norma-norma yang baik dalam kehidupan di sebuah masyarakat. Kesantunan sosial dan penghormatan kepada sesepuh dan para pendahulu. Bangsa yang berperadaban tinggi dan berbudaya pasti menghormati pendahulu-pendahulunya, menghormati orang tua, menghormati yang telah memimpin dan mengelolah negeri ini di masa lalu. Di mulai dari rumah tangga, dari masyarakat dan akhirnya pada kehidupan berbangsa dan bernegara” tutur Bupati Sumbawa.
“Melalui pertemuan hari ini, kami berpesan agar dapat disebarluaskan beberapa hal untuk menciptakan suasana yang mendukung terjadinya perubahan dan perilaku lansia agar tetap sehat dan produktif melalui, promosikan kesehatan dalam setiap siklus kehidupan, ciptakan lingkungan ramah lansia yang mendorong kesehatan dan partisipatif lansia, sadari nilai kearifan lansia dan bantu mereka berpartisipasi dalam keluarga dan masyarakat. Demikianlah pesan, ajakan dan harapan saya pada hari yang penting ini. Semoga para sesepuh, para senior, kaum lanjut usia selalu sehat, panjang usia, bahagia bersama keluarga, serta mendapatkan bimbingan, perlindungan dan petunjuk dari Tuhan Yang Maha Kuasa”, harap Haji Husni sapaan akrab Bupati Sumbawa.    ppid.sumbawakab.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar