Jumat, 02 Desember 2016

RATUSAN WISMAN KUNJUNGI SUMBAWA


Wisman mengunjungi Istana Dalam Loka
Bertepatan dengan hari aksi super damai 212 sebuah Kapal Pesiar Mewah “The World” yang membawa ratusan wisatawan mancanegara merapat di Badas Sumbawa Besar. Merapatnya Kapal Pesiar ini sebelumnya telah diberitakan oleh salah satu travel agent wisata terkemuka di Kabupaten Sumbawa. Sehingga kedatangan para wisman ini benar-benar dimanfaatkan oleh dinas pariwisata setempat. Kedatangan Kapal Pesiar ini hanya bisa parkir diperairan dan tidak merapat dipelabuhan Badas. Kapal mewah yang memilki 7 tingkat diatas permukaan laut dan 5 lantai dibawah permukaan laut ini terlalu besar untuk merapat di Pelabuhan Badas. Namun demikian sekoci kapal pesiar ini kemudian menurunkan penumpang yang telah mendaftar untuk mengunjungi beberapa spot wisata di sekitar kota Sumbawa Besar.
Wisman mengunjungi Bala Kuning
Kepala Dinas Porabudpar Kab. Sumbawa yang diwakili Sekretaris Dinas Nurhinsyah, SIP, M.Si bersama jajaranya. Pincun sapaan keren Sekdis yang baik hati ini menyampaikan bahwa “Fokus kedatangan para wisatawan mancanegara yang melakukan paket perjalanan khususnya di Kabupaten Sumbawa adalah cagar budaya atau Sumbawa Heritage”.  Di beberapa obyek wisata budaya yang dikunjungi oleh para wisman, para staf dinas pariwisata menyampaikan pamphlet, Sumbawa travel guide book dan semacamnya sebagai upaya direct promosi kepada wisatawan.   Lebih lanjut disampaikan oleh Pincun bahwa  travel tour terkemuka seperti PT. Tambora Duta Wisata mengarahkan ke berbagai heritage yang paling mudah aksesbilitasnya di dalam kota Sumbawa Besar, yaitu Bala Kuning, Dalam Loka maupun desa wisata Pamulung”.  Kedepan ini tentu akan menjadi bagian yang urgen untuk melakukan pengembangan kepariwisataan baik obyek, masyarakat, travel agent, pelaku wisata, kelompok kreatif baik pariwisata yang bertumpu pada budaya, alam, permainan dan sebagainya.
Kapal Pesiar "The World" di perairan Badas

Sekitar 180an wisman yang turun ke Sumbawa yang berkunjung ke Bala Kuning, Dalam Loka dan Pamulung selama kurang lebih 4 jam menyampaikan kesan yang sangat memuaskan.  Akhirnya sekitar pukul 14.00 Wita “The World” yang terbanyak didominasi wisman AS (110), UK (23), Australia (20), Canada (16) meninggalkan perairan Badas menuju ke destinatinasi selanjutnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar