Jumat, 13 Mei 2016

Bupati Sumbawa : "Pendidikan adalah salah satu agenda prioritas menuju Sumbawa Hebat dan Bermartabat"

28 orang Kepala Sekolah tingkat SD dan SMP resmi dilantik oleh Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril B.Sc hari ini Jum’at (13/5/2016) di aula lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa. Pelantikan tersebut turut disaksikan oleh Wakil Bupati Sumbawa, Sekda Kabupaten Sumbawa, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Ketua TP PKK, para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, perwakilan Forkopimda Kab. Sumbawa, serta para Kepala SKPD Kabupaten Sumbawa.

Kepala sekolah yang dilantik terdiri dari 25 orang Kepala Sekolah tingkat SD, dan 3 orang Kepala Sekolah Tingkat SMP, berdasarkan SK Bupati Sumbawa Nomor 584 tahun 2016 tentang pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian Pegawai Negeri Sipil dalam jabatan tenaga kependidikan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa. Beberapa Kepala Sekolah yang dilantik diantaranya Massamin S.Pd sebagai Kepala SDN Seseng Kecamatan Rhee, Sumiatun S.Pd.SD sebagai Kepala SDN Lamurung Kecamatan Lenangguar, Abdul Hamid S.Pd sebagai Kepala SDN Nyanyiring Kecamatan Empang, Sudirman Hamid, S.Pdi sebagai Kepala SDN Poto Kecamatan Moyo Hilir, Abdul Latief A.Ma.Pd sebagai Kepala SDN Kuris Kecamatan Lape, Amirudin, S.Pd sebagai Kepala SDN 7 Sumbawa, Sri Endang Sukawati, S.Pd sebagai Kepala SDN Kebayan Kecamatan Sumbawa, Daruka, S.Pd sebagai Kepala SMPN 3 Moyo Hulu, Kecamatan Moyo Hulu, Iwan Sumantry S.Pd sebagai Kepala SMPN 1 Lantung Kecamatan Lantung, Sufyan S.Pd sebagai Kepala SMPN 1 Ropang Kecamatan Ropang.

“Ini merupakan hari pertama saya melantik PNS, harapan saya agar Kepala Sekolah yang saya lantik hari ini menjalankan tugas dan tanggung jawab sebaik – baiknya sebagai sebuah tanggung jawab mulia yang bukan hanya kepada masyarakat dan pemerintah namun juga sebagai tanggung jawab kepada Allah SWT. Kita pasti bangga jika nanti Sumbawa seperti daerah maju lainnya atau bahkan melebihinya baik secara prestasi maupun dalam konteks faktual dalam kehidupan masyarakat. Untuk itulah dibutuhkan daya saing, kemandirian dan kepribadian yang kokoh sebagaimana yang kami impikan dalam visi dan misi selama 5 (lima) tahun kedepan. Salah satunya yang sangat urgen untuk disukseskan bahkan dilakukan pencapaian-pencapaian yang semakin meningkat adalah bidang pendidikan”, ungkap Bupati Sumbawa.
“Pendidikan bagi saya dan bagi kita semua telah menjadi marwah yang sangat mahal dan tak tergantikan dalam mencapai sebuah kesuksesan. Untuk itulah saya bersama H. Mahmud Abdullah menjadikan pendidikan sebagai agenda peningkatan daya saing yang harus kita ikhtiarkan bersama. Penyelenggaraan mutasi kepala sekolah hari ini, juga merupakan salah satu ikhtiar untuk meningkatkan daya saing pendidikan Kabupaten Sumbawa yang tiap tahun tentu harapan kita akan semakin meningkat, memberikan penyegaran yang memang sangat diperlukan guna menciptakan pola kerja yang lebih efisien, dan efektif. Apalagi saat ini, kita tengah berupaya untuk membangun generasi yang berintegritas dan berkarakter untuk membawa daerah ini menjadi Sumbawa yang hebat dan bermartabat”, tutur Haji Husni sapaan akrab Bupati Sumbawa.

Selanjutnya Bupati menambahkan, “perlu saya tegaskan, bahwa jabatan kepala sekolah merupakan tugas tambahan bagi pejabat fungsional guru yang dalam pengisiannya memerlukan proses yang lebih ketat jika dibandingkan dengan jabatan struktural. Selain harus lulus dalam seleksi administrasi dan akademis, seorang kepala sekolah harus menguasai kompetensi kepribadian, sosial, manajerial, supervisi serta mempunyai kompetensi kewirausahaan. Hal tersebut dibutuhkan karena kepala sekolah harus menjadi garda terdepan dalam upaya pembentukan karakter peserta didik yang cerdas, berdaya saing, berakhlakul karimah dan memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme yang kuat. Oleh karena itu, kepada kepala sekolah yang diambil sumpahnya dan dilantik hari ini, hal pertama yang harus para sahabat lakukan adalah memahami tugas, fungsi dan tanggung jawab pada jabatan yang dipercayakan kepada para sahabat. Selain pemahaman terhadap tugas, disiplin juga memiliki kedudukan penting dalam keberhasilan kerja. Akumulasi dari pemahaman tugas, fungsi dan tanggung jawab serta kedisiplinan tersebut akan membentuk para sahabat menjadi aparatur sekaligus pendidik yang berkualitas. Saya yakin apabila kondisi ini telah terbentuk dan terpatri dalam sanubari para sahabat, maka dimanapun para sahabat ditempatkan, tetap akan dapat berperan dengan baik, dan seberat apapun tugas yang dibebankan pada para sahabat, Insya Allah akan dapat diselesaikan dengan baik pula”, tegasnya.

“Secara khusus saya menyampaikan hal-hal sebagai berikut pertama, tingkatkan konsolidasi intern unit kerja para sahabat, dengan membentuk sebuah team work yang tangguh bersama bawahan maupun orang tua murid, kedua, jangan segan-segan untuk melakukan koordinasi ataupun konsultasi khususnya kepada dinas pendidikan maupun lembaga teknis lainnya dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan; ketiga, dalam melaksanakan tugas kiranya senantiasa memelihara dan menciptakan iklim yang kondusif khususnya pada proses belajar-mengajar. Janganlah terjebak dalam kinerja yang terkesan rutinitas, bekerjalah dengan ikhlas penuh inovasi dan kreativitas yang dilandasi semangat untuk memperoleh ridho dan karunia Allah. Saya yakin bila hal-hal tersebut para sahabat terapkan maka peningkatan mutu sekolah akan tercapai yang akan bermuara pada peningkatan kualitas anak didik. Dan semoga di tahun 2016 ini tingkat kelulusan anak-anak didik kita di semua tingkatan di Tana Samawa dapat mencapai angka 100%”, harap Haji Husni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar