Minggu, 16 Oktober 2016

RATUSAN KERBAU BERLOMBA TUTUP FESTIVAL MOYO 2016

Sumbawa Besar-NTB (16/10).  Festival Moyo 2016 yang telah dibuka oleh Wakil Gubernur NTB H.M.Amin, SH, M.Si tanggal 23 September 2016 yang lalu di Taman Kerato Unter Iwes akan segera berakhir. Serangkaian event telah dipersembahkkan dalam ajang promosi tahunan pariwisata Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat. Diawali dengan Samawa Baguba, Karnaval Kere Alang, Parade Jaran Main, Pawai Budaya, Pekan Budaya Samawa, Expo UMKM/MICE, Jelajah Wisata Motor, Main Jaran, Dialog Budaya, Sepeda Wisata “Batudulang Adventure”, Lomba Drum Band Se Provinsi NTB, Pelatihan Dan Festival Tenun, Gebyar Pesta Jagung, Lomba Lari “Sumbawa 10K”, Fishing Contest, Balap Sampan, Parade Malala dan Kontes Ternak. Selain itu beberapa agenda independen organisasi dan masyarakat yang turut menyemarakkan Festival Moyo 2016 antara lain Mini Festival “Kebo Balamung” yang diprakarsai oleh Pemuda Kreatif Kecamatan Empang-Tarano, Jalan Santai, dan Lomba Burung Berkicau menjadikan Festival Moyo 2016 semakin berwarna dan berbeda dengan tahun sebelumnya.
Bupati Sumbawa H.M.Husni Djibril, B.Sc menutup seluruh
rangkaian event Festival Moyo 2016 dengan Barapan Kebo
sebagai acara puncaknya

Menutup seluruh rangkaian event sebagai puncak acara Festival Moyo 2016 digelar Barapan Kebo yang dipusatkan di areal pertanian Desa Tengah Kecamatan Utan selama 2 (dua) hari dari tanggal 15-16 Oktober 2016. Barapan Kebo yang merupakan tradisi dan budaya masyarakat Sumbawa yang sudah lama tumbuh dan berkembang sebagai wujud terimakasih dan rasa syukur masyarakat Sumbawa setelah panen atau waktu akan masuknya musim tanam memiliki hubungan yang sangat erat dengan kehidupan agraris masyarakat Sumbawa, menjadi penutup sekaligus core event Festival Moyo 2016. Sebanyak 420 pasang kerbau dari seluruh penjuru Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat berlomba untuk menjadi yang terhebat dan tercepat sekaligus akan ditasbihkan nantinya pada saat penutupan Festival Moyo 2016.
Wakil Ketua DPR RI menghadiri babak Final Barapan Kebo
dan Penutupan Festival Moyo 2016

“Barapan Kebo ini adalah pesta rakyat yang telah mendarah daging dan menjadi kearifan lokal tau dan tana samawa. Ke depan barapan kebo ini harus di kemas dengan menarik serta memiliki arena pertandingan yang permanen sehingga dapat terselenggara secara rutin sebagai icon budaya dan pariwisata tana samawa.
Kami ucapkan selamat berlomba dan bertanding agar menjadi tontonan menarik bagi tamu dan wisatawan”,  demikian disampaikan oleh Bupati Sumbawa H.M.Husni Djibril, B.Sc saat membuka Barapan Kebo (15/10). Lomba pasangan kerbau berlari di arena persawahan berlumpur ini sangat menarik minat para pengunjung. Kapolres Sumbawa AKBP Muhammad, SIK, Kajari Sumbawa Paryono, SH, MH, Dandim 1607 Sumbawa Letkol Art. Sumanto, S.Sos, Wakil Ketua DPRD Sumbawa H.Ilham Mustami, S.Ag dan Kamaluddin, ST, M.Si, Anggota DPRD Sumbawa Berlian Rayes, S.Ag serta beberapa wisatawan asing turut menguji andrenalin menjadi juki Barapan Kebo.
Aksi para joki dalam Barapan Kebo Festival Moyo 2016

Sejak dibuka oleh Bupati Sumbawa, para penggemar kerbau karapan, pemerhati peternakan antara lain Prof. Muladno Guru Besar Peternakan IPB, dan para pejabat lainnya tidak beranjak dari arena sampai berakhir sesi lomba pada hari pertama. Demikian pula pada hari ke-2, masyarakat semakin membanjiri arena persawahan Desa Tengah Kecamatan Utan untuk menyaksikan babak lanjutan sekaligus penentuan pasangan kerbau terhebat dan tercepat, sekaligus menyaksikan Penutupan Festival Moyo 2016. Bahkan Wakil Ketua DPR RI, H. Fahri Hamzah juga turut berbaur dengan masyarakat menyaksikan sensasi Barapan Kebo hari terakhir.
Penyerahan Hadiah kepada pemilik pasangan Kebo Barapan
oleh Bupati Sumbawa H.M.Husni Djibril, B.Sc 

Bupati Sumbawa menyampaikan rasa syukur atas suksesnya penyelenggaraan Barapan Kebo maupun penyelenggaran Festival Moyo ke-5 Tahun 2016 secara keseluruhan. “Saya bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah turut menyukseskan Festival Moyo 2016 terutama menjadikan Barapan Kebo sebagai puncak acara atau core event Festival Moyo 2016”,  ungkap Bupati Sumbawa pada Penutupan Festival Moyo 2016, Minggu (16/10).
Wakil Ketua DPR RI H.Fahri Hamzah, SE, Bupati Sumbawa
H.M.Husni Djibril, B.Sc dan beberapa pejabat daerah
lainnya bersama para Pemenang Barapan Kebo
Festival Moyo 2016

“Semoga Festival Moyo mendatang akan dikemas semakin baik dan professional serta mampu menggugah selera wisatawan untuk selalu datang ke Sumbawa” disampaikan Haji Husni sapaan akrab Bupati Sumbawa mengakhiri sambutan Penutupan Festival Moyo 2016.  Pasangan Kerbau “Galileo” Kelas 9, “Peluncur” Kelas B dan “Berita Penting” Kelas O Dewasa menjadi kerbau-kerbau juara yang menutup Festival Moyo 2016.


Sampai Jumpa di Festival Moyo 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar